Ujian Online

Print Friendly, PDF & Email

Ujian Online

  1. Kadang-kadang, anda diminta mengerjakan ujian secara online. Ujian online dapat berupa kuis, UTS atau UAS.
  2. Untuk mengikuti ujian Online, anda hanya perlu mendaftar 1x, menggunakan kode registrasi yang sudah disediakan (kecuali jika ada ketentuan tersendiri)
  3. Jika belum mendaftar, silakan baca petunjuk registrasi Ujian online di halaman paling bawah
  4. Jika sudah terdaftar, catat baik-baik username dan password yang sudah anda pilih, username dan password tersebut akan digunakan untuk Ujian Online (UTS dan UAS).

Petunjuk Registrasi untuk Ujian Online

  • Isi field “Registration Code” dengan kode registrasi yang sudah ditentukan.

  • Isi field-field lain sesuai dengan data anda (first name dan last name sebaiknya sesuai dengan yang tertera pada daftar absensi).
  • Klik “Register”.

  • Jika sudah berhasil register, masuk ke situs utama classmarker dan coba login.

  • Anda akan melihat daftar test yang dapat diikuti. Kerjakan test sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Jika link “Start Test” diklik, akan ditampilkan aturan tentang test tersebut misalnya jumlah soal dan batas waktu pengerjaan (dalam jam dan menit, misalnya 1 jam 30 menit).  Jika anda sudah siap, klik link “Start Test” di bagian bawah, maka waktu pengerjaan soal mulai berjalan.

Di bagian atas soal, akan ditayangkan durasi waktu yang sudah berjalan sebagai pengingat anda dalam mengerjakan test.

Pada umumnya terdapat 3 bentuk soal yang sering saya gunakan, yaitu multiple choice, true-false dan mengisi.  Untuk berpindah ke soal berikutnya atau kembali ke soal sebelumnya anda cukup menekan tombol “Next” atau “Previous” di bagian bawah setiap soal.

Untuk soal mengisi (text) biasanya cukup diisi dengan satu kata berupa istilah atau angka (atau huruf).  Misalnya :  Berapakah jumlah sila pada Pancasila?  Jawaban yang dapat diterima adalah : Lima atau 5 (dapat diisi dengan angka atau huruf, tanpa membedakan huruf besar dan huruf kecil, tetapi membedakan spasi, sehingga lima tidak sama dengan li ma).

Berikut ini contoh pertanyaan dengan jawaban berupa text

Berikut ini contoh jawaban untuk pertanyaan di atas.

Beberapa masalah yang sering terjadi (Frequently Problem Question).

Masalah Solusi
Lupa password Termasuk kategori kecerobohan anda sendiri, dapat diselesaikan dengan menghubungi saya, tetapi point nilai anda akan saya kurangi sebanyak 10%
Lupa username Termasuk kategori kecerobohan anda sendiri, dapat diselesaikan dengan menghubungi saya, tetapi point nilai anda akan saya kurangi sebanyak 10%Untuk menghindari kesalahan di atas, sebaiknya isikan alamat email yang valid dan lakukan validasi email untuk recovery usernam dan password anda.
Tidak bisa registrasi dengan kode registrasi yang sudah diberikan Cek, apakah anda sudah pernah sukses registrasi sebelumnya?Jika belum pernah registrasi sama sekali, hubungi saya.
Sedang mengerjakan ujian, koneksi internet terganggu (disconnect atau sinyal jelek) Segera tutup browser anda, ulangi koneksi internet, dan buka kembali alamat classmarker.com, lakukan log-in ulang, kemudian klik “resume test”.
Bagaimana jika benar-benar terputus dan tidak bisa mengulang test padahal mengerjakan sebentar? Definisi “sebentar” adalah jika waktu mengerjakan test kurang dari “10” menit dan jumlah soal yang dijawab kurang dari 20% dari total soal yang disediakan (misalnya total soal ada 40, anda baru menjawab 5 soal, tiba-tiba koneksi terputus dan anda gagal mengulang test).  Untuk kasus tersebut, hubungi saya untuk mengatur ulang test anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *