Edisi Lebay…

Print Friendly, PDF & Email

Ditengah-tengah makin seretnya kebijakan di negara ini, dan bergesernya paradigma manajemen yang dulu sangat mendukung kegiatan bersilaturahmi sambil mengembangkan jaringan pertemanan dan relasi, menjadi lebih fokus pada unsur “publikasi” saja, bukan berarti orang-orang yang narsis dan eksis seperti kami-kami ini menyerah begitu saja.. Menyerah?? Oooh tentu saja tidak. Masih banyak peluang dan cara untuk tetap eksis dan narsis di berbagai event yang lumayan bergengsi meskipun tidak ada dukungan dana dari mereka-mereka yang menganggap “sudah cukup banyak” publikasi (yang konon sebagian besar diantaranya dianggap “creep” alias abal-abal tak jelas) yang dibutuhkan oleh kampus ini untuk meraih point tertentu pada item penilaian akreditasi. Meskipun mereka lupa, bahwa “nawaitu” kita berkelana bukanlah sekedar menghadiri seminar, mempertanggungjawabkan apa yang kita tulis, tetapi juga memperluas jaringan, pertemanan, relasi, dan juga uji nyali karena kita menjadi terbiasa presentasi di depan berbagai pihak yang tidak pernah kita kenal sebelumnya…(hahaha.. lebay.. lebay..!!)
Baiklah, daripada ngedumel nggak jelas, nanti dikira masuk kategori si tukang protes, marilah kita tengok event pilihan yang sangat kami rekomendasikan ini. Nama seminarnya ICITACEE. Event ini sudah cukup lama saya intip bersama rekan-rekan. Seiring dengan makin ketatnya pembiayaan di kampus kita ini, maka kita harus semakin cermat mengatur strategi, agar tetap eksis dan narsis. Kriteria yang saya gunakan untuk menentukan prioritas cukup sederhana, yaitu : Continue reading

Bikin Poster Yuuk..!

Print Friendly, PDF & Email

Bagemana jika suatu hari anda ditugaskan untuk membuat poster, dengan ukuran cukup besar (A0), tapi nge-blank banget nggak ngerti bikinnya pake apa? Eeeh.. mungkin banyak yang dah ngerti yak, tapi ya biarin deh.. ngkali aja ada yang belum… Masalahnya kemampuan sayah hanyalah mengandalkan software seadanya, nggak bisa pake Photoshop, Coreldraw, atau software grafis lainnya. Modalnya cuma keluarga Office, sehingga akhirnya pilihan jatuh kepada Microsoft Publisher. Continue reading

Edit Bibliography di Ms.Word

Print Friendly, PDF & Email

Gara-gara kudu dipaksa mentaati salah satu template paper, maka saya terpaksa berusaha semaksimal mungkin supaya nggak banyak-banyak ngedit dokumen. Alesannya yang pertama ya males… secara paper tersebut sudah memuat sekitar 25 lebih referensi (deeeuh.. baru segitu aja males).  Kedua, semua citation yang saya buat di paper tersebut menggunakan citation style yang sudah disediakan oleh Ms.Word, yang secara otomatis membuat daftar bibliography, setelah beres bikin dokumen. So.. nggak ada istilah referensi nggak diacu, atau ada di paper, tapi nggak ada di daftar referensi. Jadi dijamin cucok laaah..  Lhaaa ini tiba-tiba.. barukusadari kalo ada permintaan yang rada-rada beda sebage berikut : Continue reading

Urutan Penulis pada Paper Ilmiah

Print Friendly, PDF & Email

Sudah dimaklumi dan dimahfumi bahwa luaran sebuah penelitian adalah laporan yang disajikan dalam bentuk karya ilmiah. Jika dahulu dokumen karya ilmiah tersebut cukup dijajarkan secara rapi di rak-rak perpustakaan, sekarang semua didorong untuk mempublikasikan karya ilmiah tersebut, agar semua orang mengetahui apa yang sudah kita kerjakan, dan kita juga mengetahui apa yang orang lain sudah kerjakan.
Di Indonesia, urusan publikasi ilmiah ini merupakan salah satu kewajiban bagi dosen dan peneliti dan agar termotivasi, disusun serangkaian aturan untuk mengaitkan jumlah dan kualitas publikasi ini sebagai bukti kinerja seorang dosen dan peneliti. Jumlah publikasi ini juga dijadikan landasan untuk beberapa perhitungan kuantitatif misalnya menghitung kum atau point kinerja perorangan, dan juga menilai kinerja satu lembaga pendidikan khususnya perguruan tinggi.
Kita tentu masih ingat gonjang-ganjing dunia pendidikan akibat munculnya edaran kewajiban publikasi bagi para lulusan S1, S2 dan S3 sebagai syarat kelulusan.  Banyak keberatan yang diajukan, misalnya, infrastruktur penelitian yang belum menunjang, ketidaksiapan beberapa perguruan tinggi untuk mengikuti ketentuan tersebut dan banyak hal lainnya.  Tetapi, kewajiban tersebut diluncurkan bukan tanpa alasan. Konon, negara kita saat ini tertinggal jauh jika dibandingkan dengan negara tetangga, dari segi produktivitas publikasi, sehingga hal itu menyebabkan urutan beberapa perguruan tinggi top di negara kita juga tertinggal jauh dibandingkan perguruan tinggi negara tetangga.
Oleh karena itu, mencuat berbagai topik diskusi  menarik seputaran publikasi ilmiah ini, misalnya : Continue reading

Pelatihan (Google Apps)

Print Friendly, PDF & Email

Ceritanya kemaren-kemaren, kira-kira pertengahan Maret, Prodi Teknik Informatika mengadakan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat, targetnya adalah para pak Guru dan Ibu Guru BP (Bimbingan dan Penyuluhan) se Jawa Barat. Materinya seputaran penggunaan Microsoft Excel dan Google Application.  Untuk Google Application, kebetulan saya yang kebagian bikin modulnya. Isinya seputaran pemanfaatan Google Application seperti google drive, Google Plus, Youtube, dan kawan-kawan.

Naah, berhubung udah capek-capek bikin, ya di share aja yaaa.., barangkali ada yang membutuhkan. Monggo dibaca  :  Google Apps

Continue reading

Web Based SQL pada Oracle 11g XE

Print Friendly, PDF & Email

Postingan ini dibuat buru-buru, mumpung inget.. hasil nyoba-nyoba barusan.

Alkisah, setelah gatot install Oracle 11g yang edisi lengkap di Windows 8 64 bit (nah lu.. rasain.. napa pula ngotot pake 64 bit), dan ogah juga masang-masang VMWare, asa ribet gitu… Akhirnya baca-baca forum dan blogwalking sana-sini, nemu deh artikel, katanya kita bisa install Oracle 11g express edition (XE) di Windows 8 64 bit, tapi unduh dari situs Oracle nya yang 32 bit ajah. Setelah mengunduh sekitar 300 MB (eeh, kalo ngunduh dari situs Oracle, kudu register dulu. Kalo males register, bawa aja plesdisk anda, nanti saya kasi filenya),  cukup ekstrak di folder mana terserah selera. Kemudian lakukan hal berikut sebelum install : Continue reading

National Internet Security Day 2013

Print Friendly, PDF & Email

Yaps, salah satu kegiatan yang sudah saya niatkan untuk diahadiri yaitu National Internet Security Day, edisi Bandung tentunya.  Sebelumnya ada edisi yang lebih heboh, yaitu satu minggu penuh acara di Bali, berupa Internet Governance Forum. Tapi berhubung situasi dan kondisi tidak mendukung (padahal gratiiis loooo!!), jadi tidak mungkin ke Bali, so kita menyempatkan diri untuk hadir yang di Bandung saja.

Continue reading

Workshop Kurikulum Informatika 2013

Print Friendly, PDF & Email

Rada-rada telat nih postingnya. Berhubung banyak urusan ini-itu nggak jelas. Tapi, berhubung kegiatan ini cukup penting maka dibela-belain posting juga deeh.

Alkisah, tanggal 17-18 Juni 2013, saya berkesempatan mendampingi ibu sekprodi mengikuti Workshop kurikulum Informatika di ITB. Workshop ini diselenggarakan oleh KK Informatika, dan informasi mengenai workshop ini sudah lama saya ketahui melalui halo-halo di fesbuk. Berhubung pada hari H, ibu jeng Prodi tidak bisa hadir, maka diutuslah saya menggantikan dirinya.

Workshop berjalan 2 hari, berlangsung di gedung Lab Tekno berapa ya.. pokoknya gedung Prodi Informatika laah. Pada workshop ini disampaikan beberapa materi, misalnya tentang posisi kurikulum informatika terhadap kurikulum versi ACM, kurikulum informatika versi terbaru, usaha Prodi Informatika untuk mendapatkan akreditasi ABET, kerangka kompetensi nasional, dan lain-lain.  Di sesi terakhir juga disampaikan semacam “bedah kurikulum” yang membahas tentang kurikulum yang sudah dibuat atau diterapkan di beberapa universitas sebagai contoh, untuk dijadikan bahan diskusi, masukan dan perbaikan. Continue reading