Insert Picture dari Dropbox

 

Berhubung hosting blog di situs ini very-very limited edition, baik template maupun kuota, maka semua gambar terpaksa tidak di-upload langsung di alamat ini, tetapi dititipkan ke tempat lain. Duluuu, bisa dengan mudah nitip ke picassaweb yang jadi satu dengan akun google. Tapi semenjak Google melebur picassa menjadi google photo, maka insert gambar di situs web menjadi sulit. Why? Karena gambar yang di-upload ke google photo, tidak dapat disisipkan link-nya secara langsung ke dalam kode html, tetapi hanya bisa diberikan berupa url “link” yang  harus diklik untuk melihat gambarnya.

Ada juga situs pihak ketiga yang menyediakan cara membuat URL agar gambar tersebut dapat ditayangkan, yaitu https://ctrlq.org/google/photos/ tapi setelah dicoba, ternyata cukup berbelit-belit. Beberapa percobaan malah menampilkan gambar dari google photo yang kurang jelas, sepertinya resolusi gambar secara otomatis disesuaikan oleh google photo, entah ketika upload atau ketika ditayangkan (belum diperiksa mana penyebab utamanya, kayanya sih gegara diupload ke google photo, gambar otomatis disesuaikan resolusinya)

Setelah beberapa kali mencoba sana sini, akhirnya bertemu cara yang cukup singkat dan sederhana untuk menyisipkan gambar di tag html halaman web, yaitu menggunakan dropbox. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Punya akun dropbox? Kalo belum, ya bikin dulu
  2. Bikin folder di dropbox, upload file gambar yang akan disisipkan.
  3. Setelah berhasil upload gambar, klik tombol “share” di sebelah kanan gambar

4. Klik “copy link”

  1. Pindahkan (paste) ke text kosong bebas, misalnya ke notepad, link yang sudah di-copy sebelumnya

Diperoleh alamat link seperti berikut :

https://www.dropbox.com/s/bxpy18b9tgzol50/audio0.png?dl=0

  1. Ganti tulisan “www.dropbox.com” dengan  ”dl.dropboxusercontent.com” sehingga link di atas akan dituliskan sebagai berikut :

https://dl.dropboxusercontent.com/s/bxpy18b9tgzol50/audio0.png?dl=0

  1. Klik icon untuk menyisipkan gambar pada halaman edit posting, misalnya saya menggunakan wordpress.

  1.  Copy-paste link di atas (https://dl.dropboxusercontent.com/s/bxpy18b9tgzol50/audio0.png?dl=0) pada bagian : Image URL, dan klik “insert”

  1. Jika gambar belum tampil pada halaman web, atau tampil tapi tidak sesuai ukuran aslinya, klik gambar dan/atau icon gambar seperti berikut

  1. Klik tab “advanced setting”, dan klik “Original Size”, klik Update, sekarang gambar anda sudah ditampilkan dengan ukuran sesuai aslinya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">