Promosi Jurnal

Print Friendly, PDF & Email

 

Sekali-sekali promosi aaah….!!

Kali ini, saya mau promosi Jurnal, jurnal yang dibuat bersama beberapa sohib-sohib dan teman-teman, dengan tujuan supaya ada media untuk bagi-bagi publikasi, hasil penelitian, ide, wawasan, dlsb.   Jurnal tersebut adalah :

Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan (JITTER)

Cuma, anehnya… anehnya itu lhoo.. tiap nawarin ke sesama dosen buat nulis di jurnal saya yang masih orok ini, pertanyaannya kok “sinis” amat yaaak… semisal …

  1. Jurnalnya udah punya ISSN blum ?  Yaaa udah punya laah..mbok ya liat-liat dulu web site nya, baru nanya ini itu..
  2. Itu jurnal nasional atau interlokal? Yaaa.. gimana siih? Mangkanya ditawar-tawarkan ke seantero nusantara juga karena targetnya nasional. Definisi nasional apaan sih? Kalo dulu, katanya diedarkan ke berbagai lokasi di Indonesia. Lha kalo sekarang? Kalo jurnal tersebut bisa diakses dari mana aja dari seluruh Nusantara, apa ndak bisa dibilang nasional?  Plus lagi, definisi nasional, itu lho.. kontributornya… kalo penulisnya berasal dari berberapa provinsi.. ya layaklah disebut nasional.
  3. Sudah terakreditasi belum ? Naah ini dia yang super-duper bikin “sakitnya tuh disini”. TAUUU NGGAK SIIIH??? Supaya bisa terakreditasi, jurnal itu harus bisa terbit secara kontinyu selama 6 edisi berturut-turut tanpa putus.. Lha kalo situ aja nggak mau nyumbang tulisan, bagemana ane mau ngisi semua edisi tersebut? Mosok mau diisi sama cerpen?? Lagiiaan.. kalo kite-kite udah terakreditasi, mungkin elo-elo yang ngantri pengen publish, bukannya kita yang nawar-nawarin.

Pleaseee….paham sedikitlah… semuanya butuh proses. Meskipun jurnal ini baru, tetapi sudah ber ISSN, dan sedang terus diupayakan untuk dipromosikan ke skala nasional.  Tentunya, namanya juga media baru, kalo nggak rajin-rajin promosi.. sapa yang tau akan kehadirannya? Emangnya Panther…? Wuss..wuss.. tak terasa bunyinya…!! Lha kalo media publikasi, ya harus bunyi laah..Tapi kalo saya swewwott.. situ bilangnya.. “Iiih kita kan cuma nanya.. jangan nepsong doong!!”.  Lha mbok ya sebelum nanya situ belajar dulu, apa sih konteks pertanyaan anda-anda.. Konon ada peribasa asal negeri Antah Berantah, yang menyatakan bahwa “Pertanyaan menunjukkan pengetahuan”.

Tapi.. tapi.. terlepas dari berbagai pertanyaan tersebut, yang saya super duper heraaan, mereka kok nggak kunjung bikin tulisan juga… baik skala lokal, nasional, maupun internasional.  Padahal, TAU NGGAK SIIH? Bahwa sekarang DIKTI sudah mengeluarkan peraturan baru pedoman perhitungan angka kredit kenaikan pangkat dosen.  Berhubung sayah dosen, maka saya merasa perlu kensyen.. (eeh.. maksudnya concern) bahwa banyak teman-teman yang belum nyadar akan ketentuan baru yang me…WAJIB… kan publikasi di jurnal pada setiap jenjang pengajuan kenaikan Jabatan Fungsional Akademik.  Bahkan untuk dapet jabatan awal aja, Asisten Ahli, sudah wajib ada jurnal. Nggak percaya..? Nooh saya sajikan skrinsut nya di bawah ini.  Sudah tentu, jenjang jurnalnya juga disesuaikan dengan jenjang pangkat akademik yang ingin diajukan. Jadi, nggak ada alesan males nulis di jurnal, apalagi menyepelekan tawaran saya nulis di jurnal.. Weeeiy.. nanti dulu dooong..!!

Trus.. trus.. berarti nulis di prosiding jadi nggak laku doong?? Eiits.. nanti dulu… jangan tergesa-gesa termakan isyu tanpa menyelidiki dan membaca dengan seksama pedoman tersebut.  Di pedoman yang baru, nggak ada sama sekali larangan atau pernyataan yang mengharamkan publikasi di prosiding, atau statemen yang bilang bahwa publikasi di prosiding nggak dinilai.… Kenapa saya bold statement tersebut? Karena eeh karena ada yang menafsirkan demikian.. Waduuh.. entah kitab apa yang dibacanya yak..?  Publikasi di prosiding tetap dinilai, bahkan yang berupa poster pun ada nilainya (meskipun nggak dianggep di wilayah teritory kita.. biarlah.. mungkin yang nggak nganggep tersebut, nggak tau bahwa orang bikin poster itu mikir juga looh..). So, sebage dalil bahwa publikasi di prosiding masih dinilai, niiiih saya muat juga skrinsutnya.

Ketentuan Penilaian Publikasi Berupa Prosiding

Ketentuan Penilaian Publikasi Berupa Poster

Situ ndak percaya kalo jurnal yang saya promosikan di atas adalah JURNAL NASIONAL?Niiih, baca kriteria Jurnal Nasional yang diambil dari pedoman yang sama dari Dikti.

So.. let’s cekidot…

Kriteria Bukti
Karya Ilmiah ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan cek sendiri aja paper-papernya..
Memiliki ISSN 2407-3911, coba tengok sendiri di kotak pencarian di situs http://issn.pdii.lipi.go.id/
Memiliki terbitan versi online Lha.. kan dah ada link alamatnya…
Bertujuan menampung/mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan atau konsep ilmiah dalam disiplin ilmu tertentu Lha, emang ada yang isinya puisi atau cerpen??
Ditujukan kepada masyarakat ilmiah/peneliti yang mempunyai disiplin keilmuan yang relevan Sudah jelas kan.. makanya ditawar-tawarin ke para rekan dosen yang terhormat
Diterbitkan oleh Penerbit/ Badan Ilmiah/ Organisasi Profesi/ Organisasi keilmuan/ Perguruan tinggi dengan unit-unitnya Diterbitkan oleh Fakultas Teknik, dikelola oleh unit ERP-Center
Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia dan atau Bahasa Inggris dengan abstrak dalam Bahasa Indonesia silakan diintip paper-papernya.
Memuat karya ilmiah dari penulis yang berasal dari minimal dua institusi yang berbeda Edisi pertama aja memuat artikel dari STEI-ITB, Telkom University, Universitas Atma Jaya, LIPI, dan laen-laen.. mau nambahin??
Mempunyai dewan redaksi/editor yang terdiri dari para ahli dalam bidangnya dan berasal dari minimal dua institusi yang berbeda Ada siapa ya? ya baca ndiri aja deh.. ada temen-temen juga dari Unjani dan STMIK AMIKBANDUNG, dibantu oleh bapak-bapak dan ibu-ibu reviewer.

Yaa.. kalo merasa “gengsi” nulis di jurnal yang saya promosiin di atas, tengok-tengoklah beberapa jurnal berikut, ngkali aja ada yang cucok dengan citarasa anda. Masih banyak yang laen looh, daftar ini cuma contoh aja :

Yang terakreditasi :

Yang belum terakreditasi :

Sisanya.. tanya mbah Google langsung aja ya…

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *