Bikin Poster Yuuk..!

Bagemana jika suatu hari anda ditugaskan untuk membuat poster, dengan ukuran cukup besar (A0), tapi nge-blank banget nggak ngerti bikinnya pake apa? Eeeh.. mungkin banyak yang dah ngerti yak, tapi ya biarin deh.. ngkali aja ada yang belum… Masalahnya kemampuan sayah hanyalah mengandalkan software seadanya, nggak bisa pake Photoshop, Coreldraw, atau software grafis lainnya. Modalnya cuma keluarga Office, sehingga akhirnya pilihan jatuh kepada Microsoft Publisher.

Bahan-bahan yang diperlukan :

  1. Microsoft Publisher 2010
  2. Foxit Reader, yang kalo di-install, otomatis terinstal juga Foxit Reader PDF Printer.
  3. Materi yang mau dimasupin ke poster nya laaah..

Langkah-langkah :

1. Buka Microsoft Publisher.  Pilih menu File – New,  sebelah kanannya pilih ‘More Blank Page Size’

2. Pada panel berikutnya, di bawah bar “Custom” pilih “Create New Page Size”.

3. Masukkan ukuran page yang diinginkan, dalam kasus ini pengennya berukuran 33.11 (inch) x 46.81 (inch). Isi field “Name” misalnya dengan “Poster” (nama ini bebas siih, tapi ya supaya inget aja).  Klik OK kalo sudah selesai.

4. Taraaa.. sekarang kalo kita klik New File, sudah ada ukuran ‘Poster’ di bagian bawah bar “Custom”.  Langsung klik ukuran tersebut dan langsung berkreasi buat poster sesuka hati. Setelah selesai, jangan lupa simpan yaa…..

Convert to PDF

Ternyata.. eh ternyata harus dikirim dalam format PDF tapi dalam ukuran aselinyah…Gampang, caranya, tinggal klik menu ‘Print’ pada tab “File” dan atur beberapa properties sebagai berikut :

 

Di bawah tulisan “Pages”, ganti “Tiled” menjadi “One page per sheet”.

Layout Option : Pilih ukuran kertas “Poster”

Kalo sudah okeh semuanya, pada menu “Printer” di bagian atas, pilih “Foxit Reader PDF Printer”, trus klik icon “Print” di atasnya.  Isikan nama file format PDF nya, dan klik “OK”. Tunggu sampe proses printing selesai. Biasanya agak lama, tergantung besarnya ukuran dokumen PDF nantinya.  Karena dokumen ini berukuran poster A0, hasil percobaan saya ukurannya mencapai 4MB lebih.  Setelah selesai print, dokumen PDF akan langsung terbuka di Foxit Reader.  Kalo nggak kebuka, ya cari aja di folder yang sama dengan folder file publisher kita simpan (biasanya di MyDocument).

 

Beres deeh.. tinggal setorkan ke pihak yang terkait…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">