Edit Bibliography di Ms.Word

Gara-gara kudu dipaksa mentaati salah satu template paper, maka saya terpaksa berusaha semaksimal mungkin supaya nggak banyak-banyak ngedit dokumen. Alesannya yang pertama ya males… secara paper tersebut sudah memuat sekitar 25 lebih referensi (deeeuh.. baru segitu aja males).  Kedua, semua citation yang saya buat di paper tersebut menggunakan citation style yang sudah disediakan oleh Ms.Word, yang secara otomatis membuat daftar bibliography, setelah beres bikin dokumen. So.. nggak ada istilah referensi nggak diacu, atau ada di paper, tapi nggak ada di daftar referensi. Jadi dijamin cucok laaah..  Lhaaa ini tiba-tiba.. barukusadari kalo ada permintaan yang rada-rada beda sebage berikut :

  • Cara sitasi nggak boleh pake kurung (Ableh 2005),  tapi harus pake kurung siku [Ableh 2005]
  • Cara nulisin nama penulis pada daftar pustaka harus dimulai dengan nama pertama, baru nama kedua. Secara sebelumnya saya udah entri dgn urutan nama kedua, trus nama pertama, so penampakan daftar pustaka saya kira-kira seperti ini.

Misal, nama penulis adalah Ujang Ableh, judul paper yang disitasi : “Metoda Efektif Menjadi Ganteng”, maka kira-kira tulisan pada daftar pustaka saya adalah :

  • Ableh, Ujang, Metoda Efektif Menjadi Ganteng, ……..bla….bla….(penerbit, tahun terbit, halaman, dlsb)

Naah ini pengennya menjadi :

  • Ujang Ableh, Metoda Efektif Menjadi Ganteng, ……..bla….bla….(penerbit, tahun terbit, halaman, dlsb)

Cara paling gampang siih ya edit manual… tapi ya itu tadi.. malessss.  Untuk mengatasi rasa males tersebut, segeralah saya bertanya  mbah Google…

Mbah Google… bagemana mau merubah format sitasi, dari kurung biasa (…..)  menjadi kurung siku [ ....]  alias square bracket ???

Nah ini jawaban mbah Google (sayang lupa disimpen linknya…. tapi sueerrr deh.. cara ini bukan karangan saya, tapi dapet nyari dari mbah Google), yang sudah saya praktekan selangkah demi selangkah dan biar jelas saya tuliskan hasilnya selangkah demi selangkah juga yaaa..

Begini penampakan model sitasi di paper saya sebelum diubah.  Ditulis dengan tanda kurung (….) dan dibuat dengan fitur “Insert Citation” dari Ms.Word.

Kalo saya klik edit source, keliatan kalo saya dah terlanjur nulis dalam format Last Name, First Name

 

Mosok kudu diubah satu-persatu sebanyak 29 biji…? Males kaaan…?

So yang saya lakukan, berdasarkan petunjuk mbah Google adalah sebage berikut :

Pertama, setelah diselidiki, ternyata saya menggunakan Bibliography Style “Chicago” (waktu bikinnya nggak nyadar milih style apa, asal-asalan ajah).  Caranya cek di tab Reference berikut.

Setelah mengetahui ternyata itu toooh style bibliography yang dipake, selanjutnya browsing folder komputer, cari dimana style tersebut disimpan, dengan format file .XSL. Ternyata disimpan pada folder seperti berikut (ini contoh di komputer saya lhoo……).  So, karena file XSL ini mau diawut-awut, jaga-jaga tatut gagal, saya buat dulu COPY-an nya… sehingga saya punya CHICAGO-Copy.XSL

Setelah punya copy, sekarang bebas mau ngawut-ngawut… so.. buka file XSL tersebut pake text editor, saya pake wordpad aja laah

Cari text “Openbracket” di file tersebut.

Ada dua blok kan? yang satu OpenBracket, blok kedua CloseBracket.  Naaah.. di kedua blok tersebut sisipkan script seperti contoh yang saya tebalkan di gambar, sehingga hasil akhir script pada blok tersebut jadi seperti penampakan berikut.  Perhatikan beda sisipan untuk blok OpenBracket (pake simbol ” [ ") dan pada blok CloseBracket (pake simbol " ] “)

Naaah, script di atas untuk mengubah tanda kurung pada sitasi.  Sedangkan untuk mengubah urutan penulisan, saya pake cara tricky, yang males, dan kayaknya kapan-kapan kudu dibenerin lagi. Intinya, saya balik aja cara baca daftar bibliografi yang udah terlanjur saya isikan, supaya firstname dibaca Last, dan lastname dibaca first.  Caranya cari blok yang ada tulisan “b:NameList/b:Person”

Trus??? ya dibalik aja cara bacanya, ubah yang tadinya first jadi last, yang tadinya last jadi first, sehingga hasil akhir script nya seperti berikut

Setelah beres, simpen file CHICAGO.XSL di atas. Kalo nggak mau nyimpen di lokasi asal (di Program Files(x86)\Microsoft Office\…..dst), simpen aja dulu di folder laen, misalnya di folder document, trus copy ke folder asal (Program Files(x86)\Microsoft Office\…..dst), replace file asli CHICAGO.XSL.

Untuk melihat pengaruh hasil edit style di atas, buka file word paper kita,  cari blok yang mau disesuaikan style penulisan sitasi-nya, klik kanan, pilih “Update Citation and Bibliography”, tunggu bentar…. nanti Word akan meng-update semua format sitasi sesuai format yang sudah kita ubah.

Berikut ini hasil akhir penampakan format sitasi, sudah pake simbol tanda kurung siku kaaan??

Trus, format penulisan pada daftar pustaka juga sudah diubah urutannya jadi First-Name – Last-Name

Tentunya ini cuma cara sesat, laen kali sebelum nulis paper, harus jelas dulu format sitasi dan format penulisan bibliografi. Soalnya kalo ngedit-ngedit di belakang hari bakalan ribet, males, dan takutnya ada yang kelewat. Apalagi kalo ngedit manual. Pada contoh di atas misalnya, gara-gara saya mengubah urutan penulisan first-name last-name di daftar pustaka, eeeeh nama yang ditulis di sitasi juga ikut berubah. Padahal kadang-kadang kita dah terlanjur nyebut nama penulis, misalnya….”menurut Ableh dan Usro…”, yang berarti harus disesuaikan juga. Tapi minimal trik diatas bisa digunakan untuk mengedit sitasi dan menyesuaikan daftar pustaka dalam kurun waktu kurang dari 30 menit, better than edit manual.. percayalah…percayalah…!! Kalo ndak percaya.. sono edit ndiri manual….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">