Musyawarah Aptikom Provinsi Jawa Barat

Print Friendly, PDF & Email

Upps.. kelupaan.. ternyata ada satu event yang terselip di bulan Oktober, yaitu workshop tentang LAM merangkap launching kepengurusan Aptikom Provinsi Jabar. Acaranya berlangsung sehari penuh di  Aula Mandala Saba R. Otto Iskandardinata Universitas Pasundan (Unpas) tanggal  17 Oktober 2013.

Acara workshop berlangsung setengah hari. Panelis yang hadir adalah  Dr. Ir. M. Budi Djatmiko, M.Si., M.Ei. (Ketua Aptisi IV-A), Prof. Dr. H. Mansyur Ramly, MS. (Ketua BAN PT), Prof. Dr. Ir. Iping S. Suwardi (Ketua Aptikom Wil IV),  dan Dr.(HC) Popong Otje Djundjunan (Perwakilan Komisi X DPR RI). Idenya berangkat dari betapa sulitnya memenuhi dan melakukan proses akreditasi di suatu perguruan tinggi. Bayangin aja, ada sekian ribu program studi yang harus diakreditasi, baik baru maupun re-akreditasi. Begitu mau diakreditasi, ada segudang kriteria yang harus dipenuhi. Kriterianya juga ndak kepalang tanggung, disusun berdasarkan kondisi yang mendekati ideal. Naah, konon, banyak perguruan tinggi, terutama swasta, yang kesulitan memenuhi kriteria tersebut karena terkendala permodalan, baik finansial maupun sumber daya. So.. para pakar tersebut berfikir-fikir-fikir-fikir.. gimana kalo diusulkan sebuah lembaga akreditasi yang mereka sebut LAM, alias Lembaga Akreditasi Mandiri. Mandiri, maksudnya nggak berada di bawah DIKTI, BAN, dlsb. Diharapkan kemandiriannya ini bisa membantu lembaga tersebut untuk melakukan akreditasi lebih independen, plus juga memikirkan, kira-kira kriteria akreditasi yang seperti apa yang dapat lebih “fleksibel” diterapkan di berbagai perguruan tinggi (terutama swasta) yang kondisinya tidak bisa disamakan dengan PTN.  Gagasan dibentuknya LAM ini perlu dimatangkan lebih lanjut oleh pihak-pihak yang berkepentingan, termasuk pemerintah.

Dewan Pemilihan Ketua Aptikom Provinsi Jabar

Acara kedua, yaitu berlangsungnya Musyawarah Aptikom Provinsi Jabar. Tujuan yang ingin dicapai yaitu diinisialisasinya kepengurusan Aptikom Prov.Jabar, yang dimulai dengan pemilihan Ketua.  Maka dibentuklah dewan pemilihan yang ditunjuk dari kepengurusan Aptikom Wil IV. Dewan ini selanjutnya menerima usulan nama-nama yang diajukan untuk menjadi ketua Aptikom Provinsi.  Berdasarkan kesepakatan peserta, akhirnya terpilih secara aklamasi rektor Unpas yaitu Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp., M.Si., M.Kom. sebagai ketua Aptikom Provinsi Jabar.  Selanjutnya ketua terpilih menyampaikan visi dan misinya, dan acara ditutup dengan penentuan tempat penyelenggaraan Musyawarah Kerja Aptikom Provinsi Jawa Barat yaitu di Universitas Pakuan Bogor. Rencananya musyarawarah kerja ini akan dilaksanakan sekitar bulan Januari 2014.

Foto bersama peserta dan panitia

Foto bersama panitia dari Universitas Pajajaran dan Aptikom Wil.IV Jabar-Banten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *