Avatar of falahah

by

Workshop Kurikulum Informatika 2013

June 23, 2013 in Uncategorized

Rada-rada telat nih postingnya. Berhubung banyak urusan ini-itu nggak jelas. Tapi, berhubung kegiatan ini cukup penting maka dibela-belain posting juga deeh.

Alkisah, tanggal 17-18 Juni 2013, saya berkesempatan mendampingi ibu sekprodi mengikuti Workshop kurikulum Informatika di ITB. Workshop ini diselenggarakan oleh KK Informatika, dan informasi mengenai workshop ini sudah lama saya ketahui melalui halo-halo di fesbuk. Berhubung pada hari H, ibu jeng Prodi tidak bisa hadir, maka diutuslah saya menggantikan dirinya.

Workshop berjalan 2 hari, berlangsung di gedung Lab Tekno berapa ya.. pokoknya gedung Prodi Informatika laah. Pada workshop ini disampaikan beberapa materi, misalnya tentang posisi kurikulum informatika terhadap kurikulum versi ACM, kurikulum informatika versi terbaru, usaha Prodi Informatika untuk mendapatkan akreditasi ABET, kerangka kompetensi nasional, dan lain-lain.  Di sesi terakhir juga disampaikan semacam “bedah kurikulum” yang membahas tentang kurikulum yang sudah dibuat atau diterapkan di beberapa universitas sebagai contoh, untuk dijadikan bahan diskusi, masukan dan perbaikan.

Pak Bayu sedang menyampaikan materi tentang software engineering

Pemateri utama rata-rata generasi muda belia dari prodi Informatika ITB, seperti ibu Ayu, Ibu Masayu, pak Imam, dan pak Bayu, sedangkan generasi senior tetap berjaga-jaga mendampingi para generasi penerus memaparkan materi. Sesekali, eeeh.. sering-sering juga laah.. jika ada pertanyaan yang menarik atau memancing, generasi senior ini ikutan bicara, khususnya para senior di bidang pendidikan informatika seperti pak Iping dan bu Inge.

 

Pak Iping menjelaskan tentang KKNI

Bu Inge, “terpancing” ikut memberikan tanggapan dan masukan

Inilah penampakan sebagian peserta.. serius bangettt yak?

Nah, ini tampang serius ibu Sekprodi kita..

Dampak samping acara seperti ini adalah jumpa penggemar, eeeh.. berjumpa dengan rekan kerja dari berbagai daerah dan universitas. Misalnya, ketemu ibu Ismi Kaniawulan dari STT Wastukancana Cianjur.  Tak ketinggalan saya juga berusaha numpang beken dengan menggandeng ibu Harlili dan pak Rinaldi Munir, seorang dosen yang sering saya kunjungi rumah blog pribadinya.

Ibu Sekprodi mejeng dengan bu Ismi

Numpang beken dengan bu Harlili dan pak Rinaldi Munir

Nah ini maksa-maksain mejeng bersama bapak-bapak, berhubung ada pak Husni (paling kiri) dan pak Endro (tengah)

Demikian laporan pandangan mata acara kurikulum. Berhubung hari terakhir saya pulang terburu-buru, jadi nggak kebagian sesi foto bersama dengan para selebriti deeh…

1 response to Workshop Kurikulum Informatika 2013

  1. wah… jadi ingat masa-masa dikampus, makan diselasar jurusan ITB, terimaksih sudah menunjukan gambarnya

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">