Recovery File

Waduuh.. meskipun dulu sudah pernah melakukan recovery file dari disc yang kehapus, tapi berhubung lupa bin forgot, jadi kayaknya perlu dicatat dwueeh.. gimana sih cara menyelamatkan file kalo sudah kehapus ngggak sengaja atau disengaja?

Menurut salah satu tulisan yang pernah saya baca (tapi bacanya entah dimana.. kayaknya di komik doraemon). Konon katanya, cara terbaik untuk menghancurkan file for forever yaitu dengan menghancurkan storage-nya. Artinya, selama storage tersebut masih bisa dibaca, ndak ada kerusakan fisik, blum diformat, mesti ada cara untuk membacanya kembali.  Tapi, percobaan sayah sih belum sejauh dan semendalam itu, baru nyampe mencoba recovery dari file yang dihapus nggak sengaja. Pernah juga nyoba restore file dari flashdisk yang udah diformat, taunya nggak bisa. Kayaknya nggak bisa karena pake software gratisan ngkali yak..?

Tapi, yang mau sayah share disini, sesuai pengalaman, yaitu mengembalikan file yang sudah kehapus dari storage sejenis compact flash, atau memory card,  yang sudah diformat pake digital device selain komputer, makesute diformat pake misalnya kamera atau handycam gitu.  Kalo yang dah diformat pake komputer, blum pernah sukses tuh..

Ok, daripada banyak cingcong, let’s introduce Pandora Software. Software gratisan yang bisa didonlot dari situs cnet.

Oh ya, kalo donlot dari Cnet itu, kadang-kadang yang kita donlot pertama kali adalah semacam ”downloader” khusus.  Ukurannya kecil, kira-kira dibawah 1MB gitu.  Setelah donlot, lakukan install

Setelah install downloader beres, downloader ini akan secara otomatis diaktifkan dan siap mengunduh Pandora. Klik Run

Selanjutnya, downloader cnet akan mengunduh Pandora Recovery.

Klik “next” untuk melanjutkan download pandora.

Biasanya kalo download menggunakan cnet downloader, suka ikut-ikutan terinstall semacam toolbar search enginee babylon, plus beberapa toolbar “aneh” di browser.kita. Buat menghindari hal tersebut, maka sewaktu install downloader cnet, jangan lupa “uncheck” opsi install babylon search.

Setelah download selesai, install software Pandora dengan cara klik tombol “Install Now” di bagian bawah.

Ketika install Pandora, biasanya juga suka  ikut-ikutan terinstall search engine “ask” beserta toolbar pada browser kita. Untuk mencegahnya, jangan lupa ”uncheck” opsi pada screen “ask.com”

Setelah install selesai , aktifkan Pandora Recovery, kemudian pilih menu “Pandora Wizard”.

Pada contoh berikut, karena sayah ingin melakukan recovery file dari compact flash yang ditancepin melalui USB drive, maka saya tidak memilih memeriksa file dari Recycle bin, karena sudah pasti ndak ada di recycle bin komputer, soale waktu ngapus file-nya dari kamera (compact flash diformat dari kamera)

Pilih drive lokasi compact flash. Contoh berikut compact flash dikenali sebagai drive N :

Pilih jenis file yang akan dicari untuk dikembalikan (recovery).

Pilih “start disk surface scan”. Kalo  ndak milih disk surface scan, file yang sudah hilang akibat diformat, tidak bisa dideteksi keberadaannya.

Berikut ini hasil surface scan. Kolom di sebelah kanan menunjukkan nama-nama file yang berhasil dideteksi, sedangkan di sebelah kiri menyediakan “preview” file jika file bertipe image. Untuk mengembalikan file tersebut, klik kanan pada nama file dan pilih “recover to”

Tentukan nama folder untuk lokasi file hasil recovery.

Klik “Recover Now”

Taraaa…!! file sudah berhasil di-recovery

Kalo mau beberapa file sekaligus, blok file-file yang akan di-recover, klik kanan, pilih “recover to”

Lhooo.. gawiittss dong..!! berarti kalo mau ngejual kamera ato handycam atau telpon selular, gimana file-file yang pernah ada di memory card-nya? Jangan-jangan bisa di-recover sama orang? Padahal banyak file rahasianya looo.. bisa-bisa nyebar deh di dunia maya..!! Tenang…tenang.. kalo mau ngapus forever, bisa coba File Shredder, gratisan juga looo. Tapi, apakah file yang dihapus oleh file shredder ini nggak bisa di-recover oleh software recovery…waalaaah.. ndak tau tuh… blum sempet nyobain….

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">