Gantinya FileStorke

Seperti pemirsa ketahui (jiaaah…. sapa lagi pemirsa elo..!!), di posting sebelumnya saya pernah mengheboh-hebohkan layanan filestork sebage salah satu API buat nyambung ke dropbox. It was running well sampe tiba-tiba filestork menghentikan layanan nggak pake alesan apapun, sejak 15 Juni 2012 kemaren.

Di tengah-tengah kegalauan mencari-cari pengganti filestork atau yang sejenis, sempet juga nyasar ke Jotform. Cuma, setelah dicoba-coba, ternyata JotForm ini rada-rada geje (menurut sayah sih..), dengan plus minus sebagai berikut :

  • Plus : Ada fasilitas buat mengentrikan identitas yang meng-upload form, karena bisa membuat semacam form isian untuk satu “paket” upload. (Misalnya untuk satu tugas tertentu).
  • Minusnya terletak pada hasil upload di dropbox yang ternyata, meskipun dikumpulin di sebuah folder bernama JotForm, tapi di dalam folder tsb ada folder lagi, yang namanya diambil dari kode file ketika upload. dan yang lebih kesel, dalam folder itu, baru deh ada hasil uploadnya, jadi kebayang deh kalo yang upload banyak, kita kudu buka satu-satu subfolder-nya buat ngeliat sapa aja yang udah upload.. chwuapheeedeeeh..!! Pengalaman terakhir, malah beberapa file ngilang nggak jelas, kayaknya kehapus nggak sengaja saking ribetnya pas mau donlot (ddiiih nyalahin…!! Padahal elo aja yang nggak teliti).

So, setelah tanya-tanya ke mbah Google dan nyoba ini itu, akhirnya nemu satu API yang cukup simple buat nyambung ke dropbox, mirip kayak filestork gitu. namanya DropItToMe.  Berikut ini cara menggunakannya.

Register dulu (yaaaiyaaaalaaah..!!)

Sambungkan akun dropittome ke akun dropbox (asumsinya kita dah punya akun dropbox. Kalo blum punya. ya bikin dulu laah!). So, setelah login ke dropbox, nanti kita diminta konfirmasi untuk menyambungkan dropbox dengan DropitTome.

klik “Allow”….

Buat semacam akun baru di dropittome, nama akun baru ini sekaligus bakal jadi nama link buat para partisipan yang mau upload file. Contoh di bawah, nama akunnya adalah “dropittoflash”.  Password ada 2, yaitu password untuk login ke Dropitto.me dan password untuk para uploader.  Password buat para uploader boleh dikosongkan sehingga nanti sewaktu upload file ndak perlu masukin password apapun. Kalo dah selesai, klik register.

Siap deh… !! gampang kaan..? Di bagian tengah ditampilkan alamat link buat para uploader.

Buat para uploader, cukup klik link yang sudah kita tentukan. seperti contoh di atas : www.dropitto.me/droptoflash

Karena pada contoh tadi kita tentukan password untuk para uploader, maka sebelum memilh file, uploader akan diminta memasukkan password.

Setelah itu, pilih file yang mau diupload, klik upload file, beresss deh..

Hasil upload juga mudah ditelusuri, karena dikumpulkan di satu folder bernama dropittome di dropbox. kalo diklik foldernya, nama-nama file yang udah masup langsung keliatan. Gampang kaan???

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">