Nyobain Bikin Menu Dropdown

Print Friendly, PDF & Email

Tanpa bermaksud menggurui para pembaca yang barangkali sudah puinter-puinterr.. berhubung diriku ini nubie di wordpress, dan ternyata juga.. wordpress yang disediakan ini very limited banget fasilitas modifikasinya, jadilah rada-rada puyeng dikit waktu pengen ngedandanin blog jeblog ini.

So.. salah satu yang pengen saya atur tuuh.. itu lhoo.. page yang ngejejer-jejer di kanan atas. Kalo page nambah terus.. lah jejerannya jadi banyak banget yak.. Trus pengen juga menempelkan para blog-blog jablay milik sayah yang sudah lama bertebaran di dunia maya dan jarang keurus.  Trus pengen juga nambahin link ke beberapa situs yang sering saya pake buat bagi-bagi inpoh ke para setudent seperti jadwal, test online, dlsb..  maka googlinglah sana sini, nemu deh tutorial buat bikin menu dropdown. Jadi tutorial ini bukan aseli 100% bikinan sayah loo… tapi dapet nyontek juga, trus dicobain dulu, trus jadi deh.. So.. seperti kata-kata di buku resep Ratu Dapur Femina : “semua resep sudah dicoba”. Maka tutorial ini sudah dicoba langsung pada blog ini juga.

Oksss, mari kita coba…..

Original state : saya udah buat beberapa page buat posting segala info berdasarkan domain, jadi ada page Widyatama, Itenas, Unisba.. dlsb.  Tadinya semua page tersebut mejeng sebagai menu yang berjejer di kanan atas.

Destination state : pengen ngebuat dropdown menu, dikelompokkan berdasarkan kategori misalnya kuliah, jadwal, dlsb. Satu menu jika diklik akan menampilkan beberapa sub menu.

  1. Prinsipnya, yang bisa mejeng di jejeran menu di atas itu berupa page. Jadi kalo mau ada menu drop-down, kudu dibuat dulu “induk” menunya berupa page. Berhubung cuma sebagai induk menu, jadi nggak usah dipusingin Page ini mau diisi apa. Jadi buatlah page baru. Caranya, dari dashboard, pilih menu Pages, klik “Add New”.
  2. Isi judul page yang diinginkan,  bagian deskripsi bisa dikosongkan. Klik “publish” di kolom sebelah kanan.
  3. Tambahkan menu, dengan cara klik menu “Appearance” di kolom sebelah kiri, pilih “Menus”
  4. Tuliskan nama menu sesuai keinginan, misalnya “MyMenu”, klik tombol “Create Menu”
  5. Di kolom kiri, dapat dilihat elemen-elemen apa saja yang bisa ditambahkan ke menu tersebut. Misalnya page, custom link, category dan lain-lain.  Pada contoh ini saya akan menambahkan page dan custom link. Pada kotak “Pages” pilih semua page yang akan ditambahkan dan klik tombol “Add to Menu”. Beberapa page “kosong” yang sudah saya  buat dan disiapkan untuk “induk” menu juga ditambahkan.
  6. Isi kotak “Custom Links” dengan alamat link yang ingin ditampilkan. Tuliskan text yang ingin ditampilkan pada field “Label”. Klik “Add to Menu”.
  7. Berikut ini tampilan pada kotak di bawah “MyMenu”.  Semua page dan link yang akan ditampilkan pada menu sudah disiapkan.  Selanjutnya, posisi page dan link tersebut dapat diubah-ubah atau diatur dengan cara klik dan drag setiap bar menu pada tempat yang diinginkan (digeser ke atas/bawah). Untuk membuat sub menu dari sebuah menu induk, cukup geser ke kanan bar menu tersebut.  Pada contoh berikut,   bar menu “Nguliah” akan disimpan di atas bar menu “Ngoceh”. Bar menu “Nguliah” memiliki beberapa sub menu yaitu Widyatama, Itenas, dan lain-lain.  Bar menu “Ngoceh” akan memiliki sub menu Nggossip, Pribados dan lain-lain.  Setelah penataan selesai, klik “Save Menu” di bagian bawah kotak menu.
  8. Berikut ini tampilan menu yang sudah ditata ulang posisinya dan dikelompokkan sesuai dengan urutan menu yang direncanakan.
  9. Aktifkan menu dengan cara memilih menu pada kotak Theme Location di sebelah kiri atas panel, dan sorotlah nama menu yang sudah kita buat. Klik “Save”.
    Sudaaah deeeh…… selamat mencoba..!! (kalo mau….. ndak maksa koq!!)

3 thoughts on “Nyobain Bikin Menu Dropdown

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *